Sabtu, 17 November 2007

Rahasia Sukses Mastermind


Mengapa kita perlu membentuk kolompok Mastermind? Menurut Andi Fuehl, jika kita serius untuk mencapai sukses besar dalam bisnis, maka kita harus membentuk sebuah kelompok mastermind. Karena Andi telah menggunakan kelompok mastermind untuk merubah dirinya dari tidak memiliki pekerjaan hingga menjadi seorang miliuner dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Menurutnya, semua orang yang berprestasi hebat adalah bagian dari kelompok mastermind. Orang-orang seperti Thomas Alfa Edison, Henry Ford, dan Charles Schwab. Edison dan Ford, keduanya hanya memiliki sedikit pendidikan. Namun keduanya sangat sukses dalam bisnis karena mereka menggunakan pendekatan mastermind.


Ide baru dan lebih baik datang dari kelompok Mastermind, yang disebut Napoleon Hill sebagai "Pikiran Ketiga". Pikiran Ketiga lahir saat dua pikiran atau lebih bersama-sama terfokus akan satu tujuan bersama.


Andi telah membentuk beberapa tim mastermind. Tim ini beranggotakan mulai dari 2 sampai 12 orang yang memfokuskan pada bidang yang berbeda, yakni investasi, mengembangkan bisnis Anda, pemasaran, dan mengarang buku. Masing-masing mempunyai fokus yang berbeda.


Tujuh rahasia untuk menciptakan dan mempertahankan sebuah kelompok mastermind yang sukses menurut Andi adalah sebagai berikut:


1. Kita harus mempunyai tim dengan sudut pandang dan latar belakang yang beraneka ragam.


Karena kita menginginkan perspektif yang berbeda, maka orang-orang dalam tim harus berasal dari industri atau bidang keahlian yang berbeda pula. Ketika megembangkan atau menyusun ulang ide-ide dari perspektif yang berbeda, ide yang lebih baik biasanya akan diperoleh.


2. Pilihlah seseorang untuk memimpin kelompok


Jika mastermind beranggotakan lima atau lebih, maka sudah saatnya menunjuk seorang pemimpin. Pemimpin akan menjaga tim tetap di jalan yang tepat. Membantu semua orang dalam membuka pemikiran mereka pada saat proses menghasilkan ide.


3. Buatlah sebuah tujuan bersama.


Sebuah tim akan efektif jika tujuan atau hasil yang ingin dicapai jelas. Hampir semua mastermind yang kekurangan visi dan sebuah tujuan bersama akan mengalami kegagalan.


4. Milikilah agenda


Agenda ini sangat penting untuk menjaga tim mastermind tetap terfokus pada saat pertemuan.


5. Bukalah pikiran.


Masing-masing anggota tim harus tetap terbuka. Ketika sebuah ide pertama kali dikemukakan, catatlah ide tersebut tanpa melakukan perubahan. Baru setelah semua ide dikemukakan, baru diteliti satu persatu. Kembangkanlah masing-masing ide sehingga diperoleh ide yang lebih bagus. Lalu pilihlah ide yang paling efektif, dan ambillah tindakan.


6. Berikan waktu tertentu dan adakanlah pertemuan secara teratur.


Pertemun yang efektif sebaiknya setiap minggu, atau minimal dua kali sebulan. Pertemuan yang teratur dan konsisten sangat penting. Minimal, kelompok harus bertemu setiap blan sekali, jika tidak, momentum dan antusianme akan menurun,


7. Bersenang-senanglah.


Bersenang-senanglah, have Fun... Ini adalah hal yang paling penting. Karena jika kita dan semua orang yang ada dalam kelompok mastermind bergembira, maka kualitas dari ide-ide akan naik.


Ingatlah tujuh rahasia ini untuk mendapatkan tim mastermind yang sukses dan segera ambil tindakan sekarang juga. Tindakan diperlukan untuk mencapai tujuan. Hasilkan tujuan-tujuan besar dan gunakanlah tim mastermind.



Sumber : Meet And Grow Rich by Joe Vitale and Bill Hibbler

Comments :

0 komentar to “Rahasia Sukses Mastermind”