Rabu, 21 November 2007

Pertemuan Mastermind. Seberapa seringkah?


Seberapa sering seharusnya suatu kelompok Mastermind mengadakan pertemuan? Dalam buku Meet & Grow Rich disebutkan ada kelompok-kelompok yang bertemu setiap minggu, dan adapula yang bertemu dua minggu sekali. Tapi lebih dianjurkan untuk mengadakan pertemuan mingguan, karena hal ini dapat membuat semuanya tetap konsisten.


Jika kita bertemu dua minggu sekali, kita akan menghabiskan banyak waktu untuk mengingat kembali apa-apa yang sudah kita lakukan sejak pertemuan terakhir. Belum lagi jika ada anggota yang absen dari satu pertemuan, dia akan menghilang selama sebulan, dan ini adalah waktu yang sangat lama.


Tapi ada juga yang bertemu setiap bulan, tapi tetap berhasil. Atau kita dapat saja memulai dengan pertemuan seminggu sekali untuk sementara waktu, dan dalam perjalanan waktu kita dapat menilai kembali apakah pertemuan mingguan ini terlalu mengekang atau tidak. Fleksibilitas perlu juga diciptakan untuk menilai kondisi dari anggota-anggota yang terlibat.


Alternatif lainnya adalah melakukan pertemuan mingguan namun bentuknya bergiliran antara pertemuan langsung pada satu minggu dengan pertemuan bentuk lainnya seperti melalui YM atau telekonferensi. Yang mana diantara media pertemuan itu yang paling memungkinkan. Sehingga tercapai kompromi antara konsistensi dan fleksibilitas waktu.


Mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber: Buku Meet & Grow Rich

Comments :

0 komentar to “Pertemuan Mastermind. Seberapa seringkah?”